Article Detail

Tips Komunikasi Asertif

Tips Komunikasi Asertif

  1. Meningkatkan percaya diri
    Untuk menjadi asertif, Anda harus memiliki rasa percaya diri. Pribadi yang penuh percaya diri akan menciptakan kesan tentang siapa diri Anda di hadapan orang lain. Berbicaralah dengan yakin. Jangan bergumam atau bersuara pelan seperti orang yang tidak memiliki rasa percaya diri.
  2. Katakan apa yang Anda inginkan
    Tanpa harus menjadi agresif atau kasar, ekspresikan keinginan dan pendapat Anda dimanapun diperlukan. Jangan diam dan hanya menunggu. Selalu usahakan mengekspresikan diri Anda.
  3. Tingkatkan kemampuan bahasa tubuh.
    Bahasa tubuh memiliki peran penting dalam komunikasi non verbal. Lakukan kontak mata ketika sedang berbicara dengan orang lain. Latih agar ekspresi dan suara tetap terkontrol.
  4. Berani berkata ‘tidak’
    Anda mungkin cenderung mengorbankan pendapat dan ide-ide hanya karena teman-teman dekat Anda meminta Anda untuk melakukannya. Hubungan harus didasarkan pada sikap saling menghargai, bukan berdasarkan pada dominasi. Jika teman atau kolega Anda selalu mengharapkan ‘ya’ dari Anda, bahkan ketika Anda sedang tidak ingin melakukannya, maka Anda harus belajar untuk mengatakan tidak. Buat batas sehingga orang lain tidak mengganggu kedamaian pikiran Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan sikap asertif.
  5. Bekali diri dengan informasi akurat
    Membekali diri dengan informasi dan fakta yang akurat akan membuat Anda lebih percaya diri yang pada akhirnya membantu Anda bersikap lebih asertif. Informasi yang akurat amat membantu mendukung pendapat yang Anda ajukan.
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment